PENENTUAN HARGA TRANSFER
Harga transfer
(transfer price) adalah harga yang dibebankan jika satu segmen perusahaan
menyediakan baran atau jasa kepaa segemen lain dari perusahaan yang sama.
Tujuan mendasar dalam penetapan harga transfer adalah memberikan motivasi
kepada manajer untuk bertindak sesuai dengan kepentingan seluruh perusahaan.
Sebaliknya, suboptimalisasi (suboptimization) muncul pada saat manajer tidak
bertindak sesuai dengan kepentingan keseluruhan perusahaan atau bahkan untuk
kepentingan terbaik divisi sendiri.
HARGA TRANSFER NEGOSIASI
Harga transfer
negosiasi (negotiated transfer price)
adalah harga transfer yang disepakati antara divisi penjualan dengan divisi
pembelian. Harga transfer negosiasi memiliki beberapa keunggulan. Yaitu
Pendekatan ini
melindungi otonomi divisi dan konsisten dengan semangat desentralisasi
Manajer divisi
cenderung memiliki informasi yang lebih baik mengenai biaya dan manfaat dari
transfer tersebut daripada pihak-pihak lain di dalam perusahaan.
Harga transfer
aktual yang disetujui oleh dua manajer divisi tersebut dapat terletak di antara
kedua batas tersebut. Batas ini menentukan kisaran harga transfer yang dapat
diterima (range of acceptable transfer price) – kirasan harga transfer di mana
laba dari kedua divisi yang terlibat akan meningkat.
Harga Transfer Terendah yang Dapat Diterima Divisi
Penjualan
Jika transfer
tidak memiliki dampak terhadap biaya-biaya tetap, maka dari sudut pandang
divisi penjualan, harga transfer harus mentutupi biaya-biaya variabel dalam
menghasilkan unit-unit yang ditransfer dan setiap biaya peluang dari penjualan
yang hilang.
Perspektif Penjualan
Harga Transfer Tertinggi yang Dapat Diterima Divisi
Pembelian
Apabila divisi
pembelian memiliki pemasok luar, keputusan dari divisi pembelian sangat sederhana. Mereka akan
mebeli dari divisi lain dalam satu perusahaan apabila harganya lebih rendah
dari harga pemasok luar.
Perspektif Pembelian
Divisi Penjualan yang Memiliki Kapasitas Menganggur
Anggaplah bahwa
Imperial Beverages memiliki kapasitas menganggur yang dapat digunakan untuk mencukupi
kebutuhan bir di Pizza Maven tanpa harus mengurangi penjualan reguler. Anggap
juga bahwa Imperial Beverages menjual hanya 7.000 barel bir jahe per bulan.
Tingkat penjualan tersebut menyisakan kapasitas yang tidak digunakan sebesar
3.000 barel per bulan – lebih dari cukup untuk melayani permintaan Pizza Mavern
sejumlah 2.000 barel per bulan. Maka dapat diketahui kisaran harga transfer
yang akan membuat kedua divisi menjadi lebih baik dengan transfer 2.000 barel
setiap bulan?
1. Divisi
penjualan, Imperial Beverages, akan tertarik pada transfer hanya jika:
Karena Imperial Beverage memiliki
kapasitas menganggur, maka tidak ada kehilangan penjualan reguler. Karena biaya
variabel per unit adalah ₤8, harga transfer terendah yang dapat diterima divisi
penjualan juga sebesar ₤8.
2. Divisi
pembelian, Pizza Maven, dapat membeli bir jahe yang serupa dari pemasok luar
seharga ₤18. Oleh karena itu, Pizza Maven tidak akan bersedia membayar lebih
dari ₤18 per barel untuk bir jahe Imperial Beverages
3. Dengan
menggabungkan persyaratan-persyaratan dari divisi penjualan maupun divisi
pembelian, maka kisaran harga transfer yang dapat diterima dlam situasi ini
adalah:
Dengan asumsi bahwa manajemen memahami
usaha mereka sendiri dan bahwa mereka mau bekerja sama, mereka seharusnya
setuju pada harga transfer di dalam kisaran ini.
Divisi Pnejualan
Tanpa Kapasitas Menganggur
Anggaplah bahwa
Imperial Beverages tidak memiliki kapasitas menganggur; menjual 10.000 barel
bir jahe setiap bulan ke pasar dengan harga ₤20 per barel. Untuk memenuhi
pesanan dari Pizza Maven, Imperial Berages harus menarik 2.000 barel dari
pelanggan regulernya. Maka kita dapat mengetahui harga transfer akan membuat
kedua divisi lebih baik dengan mentransfer 2.000 barel di dalam perusahaan..
1. Seperti
sebelumnya, divisi penjualan, Imperial Beverages, akan bersikeras pada harga
transfer yang paling tidak menutup biaya-biaya variabel dan biaya peluang
mereka:
Karena Imperial Beverages tidak memiliki
kapasitas menganggur yang cukup untuk memenuhi seluruh pesanan sebesar 2.000
barel, maka terdapat kehilangan penjulan ke luar. Margin kontribusi per barel
atas penjualan ke luar sebesar 1.000 barel ini adalah ₤12 (₤20 - ₤8).
0 komentar:
Posting Komentar