Senin, 02 April 2012

Penggunaan dan Penentuan Harga Transfer

PENENTUAN HARGA TRANSFER 







Harga transfer (transfer price) adalah harga yang dibebankan jika satu segmen perusahaan menyediakan baran atau jasa kepaa segemen lain dari perusahaan yang sama. Tujuan mendasar dalam penetapan harga transfer adalah memberikan motivasi kepada manajer untuk bertindak sesuai dengan kepentingan seluruh perusahaan. Sebaliknya, suboptimalisasi (suboptimization) muncul pada saat manajer tidak bertindak sesuai dengan kepentingan keseluruhan perusahaan atau bahkan untuk kepentingan terbaik divisi sendiri.

HARGA TRANSFER NEGOSIASI

Harga transfer negosiasi (negotiated transfer price) adalah harga transfer yang disepakati antara divisi penjualan dengan divisi pembelian. Harga transfer negosiasi memiliki beberapa keunggulan. Yaitu
*         Pendekatan ini melindungi otonomi divisi dan konsisten dengan semangat desentralisasi
*         Manajer divisi cenderung memiliki informasi yang lebih baik mengenai biaya dan manfaat dari transfer tersebut daripada pihak-pihak lain di dalam perusahaan.
Harga transfer aktual yang disetujui oleh dua manajer divisi tersebut dapat terletak di antara kedua batas tersebut. Batas ini menentukan kisaran harga transfer yang dapat diterima (range of acceptable transfer price) – kirasan harga transfer di mana laba dari kedua divisi yang terlibat akan meningkat.

Harga Transfer Terendah yang Dapat Diterima Divisi Penjualan

Jika transfer tidak memiliki dampak terhadap biaya-biaya tetap, maka dari sudut pandang divisi penjualan, harga transfer harus mentutupi biaya-biaya variabel dalam menghasilkan unit-unit yang ditransfer dan setiap biaya peluang dari penjualan yang hilang.
Perspektif  Penjualan

Harga Transfer Tertinggi yang Dapat Diterima Divisi Pembelian

Apabila divisi pembelian memiliki pemasok luar, keputusan dari divisi  pembelian sangat sederhana. Mereka akan mebeli dari divisi lain dalam satu perusahaan apabila harganya lebih rendah dari harga pemasok luar.
Perspektif  Pembelian

Divisi Penjualan yang Memiliki Kapasitas Menganggur

Anggaplah bahwa Imperial Beverages memiliki kapasitas menganggur yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan bir di Pizza Maven tanpa harus mengurangi penjualan reguler. Anggap juga bahwa Imperial Beverages menjual hanya 7.000 barel bir jahe per bulan. Tingkat penjualan tersebut menyisakan kapasitas yang tidak digunakan sebesar 3.000 barel per bulan – lebih dari cukup untuk melayani permintaan Pizza Mavern sejumlah 2.000 barel per bulan. Maka dapat diketahui kisaran harga transfer yang akan membuat kedua divisi menjadi lebih baik dengan transfer 2.000 barel setiap bulan?
1.      Divisi penjualan, Imperial Beverages, akan tertarik pada transfer hanya jika:
Karena Imperial Beverage memiliki kapasitas menganggur, maka tidak ada kehilangan penjualan reguler. Karena biaya variabel per unit adalah ₤8, harga transfer terendah yang dapat diterima divisi penjualan juga sebesar ₤8.

2.      Divisi pembelian, Pizza Maven, dapat membeli bir jahe yang serupa dari pemasok luar seharga ₤18. Oleh karena itu, Pizza Maven tidak akan bersedia membayar lebih dari ₤18 per barel untuk bir jahe Imperial Beverages
3.      Dengan menggabungkan persyaratan-persyaratan dari divisi penjualan maupun divisi pembelian, maka kisaran harga transfer yang dapat diterima dlam situasi ini adalah:
Dengan asumsi bahwa manajemen memahami usaha mereka sendiri dan bahwa mereka mau bekerja sama, mereka seharusnya setuju pada harga transfer di dalam kisaran ini.
Divisi Pnejualan Tanpa Kapasitas Menganggur
Anggaplah bahwa Imperial Beverages tidak memiliki kapasitas menganggur; menjual 10.000 barel bir jahe setiap bulan ke pasar dengan harga ₤20 per barel. Untuk memenuhi pesanan dari Pizza Maven, Imperial Berages harus menarik 2.000 barel dari pelanggan regulernya. Maka kita dapat mengetahui harga transfer akan membuat kedua divisi lebih baik dengan mentransfer 2.000 barel di dalam perusahaan..
1.      Seperti sebelumnya, divisi penjualan, Imperial Beverages, akan bersikeras pada harga transfer yang paling tidak menutup biaya-biaya variabel dan biaya peluang mereka:
Karena Imperial Beverages tidak memiliki kapasitas menganggur yang cukup untuk memenuhi seluruh pesanan sebesar 2.000 barel, maka terdapat kehilangan penjulan ke luar. Margin kontribusi per barel atas penjualan ke luar sebesar 1.000 barel ini adalah ₤12 (₤20 - ₤8).

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut